Gerakan Yoga bagi penderita Hipertensi atau Darah Tinggi

Hipertensi” atau yang lebih dikenal “Darah Tinggi” adalah gejala penyakit yang cukup banyak ditemui di kehidupan masa kini yang penuh dengan kesibukan. Hipertensi terjadi apabila tekanan darah sistolik (tekanan atas) dan diastolic (tekanan bawah) lebih tinggi dari yang normal yaitu: 120/80.

 

 

Bagi siapa saja yang tekanan darah mencapai 140/90 secara konsisten, bisa dikatakan seseorang menderita hipertensi.  Bahaya dari hipertensi ini menyangkut berbagai macam penyakit yaitu stroke dan penyakit jantung (coronary artery disease) yang keduanya sering menyebabkan alasan kematian.

 

 

Ada 2 tipe “Hipertensi” yaitu:

  • Primary Hypertension – biasanya disebabkan karena stress, terluka, atau jatuh. Hipertensi jenis ini sering tidak diikuti oleh tanda-tanda (symptoms). Beberapa penyebab lainnya primary hypertension adalah gangguan emosi (emotional disturbance), kondisi cuaca yang extrim, kegemukan, merokok dan konsumsi alkohol.
  • Secondary Hypertension – disebabkan oleh infeksi pada ginjal atau kelenjar endokrin dan arterisklerosis.

 

 

Karena Hipertensi tidak menunjukkan gejala yang jelas, Hipertensi sering disebut sebagai the “Silent Killer” (penyebab kematian mendadak). Apabila tidak diketahui secara cepat, akan terjadi gangguan penyakit jantung atau bahkan efek ke mata (renal damage).  Tanda atau gejala yang mungkin bisa dirasakan adanya Hipertensi adalah sering sakit kepala, pandangan kabur, dan bising di telinga tanpa sebab.

 

 

Tetapi ada kabar baik, ada beberapa “gerakan yoga” yang dapat meringankan gejala Hipertensi.  Tetapi harus di-ingat, bagi penderita hipertensi yang sudah akut, tentunya harus konsultasi dengan dokter. Gerakan yoga yang dipaparkan disini untuk lebih meringankan gejala dan me-antisipasi supaya gejala hipertensi tidak timbul. Karena dengan berlatih yoga, otot tubuh akan lebih lentur dan hal ini membuat peredaran darah lebih lancar, dan hasilnya tekanan darah yang lebih normal.

 

 

Beberapa posisi yoga asana untuk Hipertensi adalah sebagai berikut:

 

 

4

Sukhasana adalah posisi meditasi klasik dan biasanya dilakukan sesudah corpse pose. Easy pose membantu menegakkan tulang punggung belakang, melambatkan metabolisme, memberikan ketenangan hati/emosi dan menenangkan pikiran.

 

 

 

 

 

6Shoulder stretch sangat baik untuk menghilangkan stress dan rasa kaku di daeah pundak dan punggung atas. Lakukan gerakan ini tiap hari untuk beberapa minggu dan lihat perkembangan yang terjadi di tubuh anda.

 

 

 

5Berlatih “Standing Spread Leg Forward Fold” akan memperkuat dan melenturkan bagian dalam dan luar betis kaki dan tulang punggung (spine). Bagi penderita sakit punggung bawah (lower back problem) harus ber-hati hati melakukan gerakan ini (atau dihindarkan). Bagi pemula, dapat menggunakan kursi untuk mendukung forearms sehingga tekanan pada pinggang bagian bawah tidak terlalu berat.

 

 

 

 

1Posisi Cat Pose (Bidalasana) akan melatih organ di daerah perut (center). Gerakan yoga ini me-koordinasikan gerakan dan pernafasan

 

 

 

2Half spinal twist (ardha matsyendrasana) apabila dilakukan dengan benar, akan memperkuat dan memperpanjang tulang belakang. Geraka yoga ini juga sangat baik untuk liver, kidneys, dan kelenjar adrenal. Latihlah posisi ini dengan supervisi guru yoga yang cukup berpengalaman karena untuk mengetahui detil tidak dapat hanya melihat gambar.

 

 

3Gerakan yoga “The Wind Relieving Pose” (pavanamuktasana) bekerja untuk otot pencernaan, menghilangkan gas/angin di bagian perut. Kata-kata Pavanamuktasana berasal dari bahasa Sansrit yaitu “pavana” yang berarti angin, dan “mukta” yang berarti freedom atau release.

 

 

7Anuloma Viloma atau disebut Alternate Nostril Breathing teknik. Teknik bernafas ini menghirup dengan satu lubang hidung, dan dikeluarkan dengan lubang yang lain. Lakukan hal ini secara bergantian. Latihan ini akan sangat menenangkan emosi dan pikiran.

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2015 YogaIndonesia.ORG - Yoga Community 2015

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?